816Agent
816WIN

Senin, 03 Juni 2019

Rusuh, Rutan Sigli Hangus Dibakar Napi

Rusuh, Rutan Sigli Hangus Dibakar NapiRumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Sigli hangus terbakar setelah terjadi kerusuhan siang tadi. Hingga saat ini situasi dalam Rutan masih belum kondusif.

Pihak ke polisian lengkap dengan perisai kerusuhan masih berjaga-jaga di luar Rutan. Begitu juga mobil pemadam kebakaran masih berada di lokasi hingga pukul 15.30 WIB.
Saat terjadi kerusuhan, napi langsung membakar sejumlah fasilitas dan ruangan Rutan. Empat unit Damkar langsung menuju ke lokasi untuk menjinakkan si jago merah.
Namun petugas pemadam mengalami kesulitan untuk memadamkan api. Karena napi yang mengamuk di dalam Rutan melempari petugas dengan batu. Namun proses pemadaman tetap dilanjutkan dan berhasil dipadamkan pada pukul 13.00 wib.
Pihak kepolisian pun tetap berusaha melerai kerusuhan itu. Beberapa kali polisi meminta napi untuk tenang dan mundur melalui pengeras suara.
Petugas pun terpaksa harus menembak gas air mata agar napi mundur dan tak lagi membuat rusuh. Satu napi sempat dilarikan ke rumah sakit, karena terluka di jarinya.
Sekitar pukul 15.15 WIB, keluar dua narapidana dari pintu depan. Dua napi itu mengingatkan agar pihak kepolisian tidak masuk ke ruang Rutan. Akan tetapi kedua napi itu menunjukkan beberapa orang yang diperbolehkan masuk ke dalam.
Saat ini Kepala Rutan Sigli, Mathrios Zulhidayat masih berada di dalam Rutan sejak kerusuhan terjadi. Ada beberapa perwakilan yang sudah masuk ke dalam untuk dilakukan negosiasi. Hingga sekarang belum ada kejelasan dan tidak diketahui apa yang sedang terjadi di dalam Rutan.
"Maaf ya lagi sibuk," kata Kapolres Pidie, AKBP Andi Nugraha Setiawan Siregar singkat sambil berlalu.
Rutan Kelas IIB Sigli berkapasitas sebanyak 120 orang. Namun informasi yang merdeka.com peroleh dari petugas Rutan, napi yang berada dalam ruangan tersebut sebanyak 469 orang. Artinya ini terjadi over kapasitas di Rutan tersebut.
Hingga berita ini diturunkan situasi di Rutan Kelas IIB Sigli belum kondusif. Puluhan personel kepolisian dan TNI masih berjaga-jaga di luar Rutan.