816Agent
816WIN

Kamis, 20 Juni 2019

Waspada Pemerasan Bermodus Pemandu Jalan di Jalintim Lampung

Waspada Pemerasan Bermodus Pemandu Jalan di Jalintim LampungPenutupan Jalan Lintas Timur (Jalintim) akibat rusaknya Jembatan Pematang Panggang di Lampung dimanfaatkan pelaku kejahatan beraksi. Seperti dilakukan dua warga, NA (28) dan SI (21) yang melakukan pungutan liar ke pengendara.

Kedua pelaku yang semuanya tinggal d Desa Sabuk Rejo, Kecamatan Lempuing, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, itu tertangkap tangan oleh polisi saat beraksi di Desa Suka Mukti Kecamatan Mesuji, OKI, Selasa (18/6) sore.
Kapolsek Mesuji AKP Darmanson mengungkapkan, dari pengakuan tersangka, mereka nekat beralih profesi dari petani menjadi gaet petunjuk jalan menuju tol Kayuagung-Lampung ketika terjadi kemacetan parah selama jembatan rusak.
Keduanya memintai uang kepada pengendara terutama mobil pribadi mulai Rp 100 ribu hingga Rp 250 ribu.
"Ya, dua warga ini tertangkap tangan kemarin sore saat kami patroli. Mereka lakukan pungli kepada pengendara yang ingin menuju tol," ungkap Darmanson, Rabu (19/6).
Dalam penangkapan itu, kata dia, polisi mengamankan satu unit sepeda motor dan uang hasil pungli Rp 350 ribu. Mereka baru saja memintai korbannya dengan alasan uang jasa gaet.
"Mereka ngaku baru ada dua korban dan tidak ada pemaksaan atau pengancaman," ujarnya.
Darmanson mengakui jarak tol Kayuagung-Lampung cukup jauh atau sekitar 25 kilometer dari Jalintim. Pengendara yang enggan memutar balik ke Indralaya, Ogan Ilir, untuk melewati Jalinteng terpaksa mengikuti tawaran pelaku.
"Kedua pelaku menuntun sopir boncengan pakai motor, begitu tiba di tol mintai uang," pungkasnya.