816Agent
816WIN

Kamis, 13 Juni 2019

Vona Merah Dampak Erupsi Gunung Agung Tak Ganggu Penerbangan di Bandara Ngurah Rai

Vona Merah Dampak Erupsi Gunung Agung Tak Ganggu Penerbangan di Bandara Ngurah RaiGunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Kamis (13/6) dini hari sekitar pukul 01.38 Wita. Namun kolom abu tidak teramati karena tertutup kabut.

Erupsi dengan durasi kurang lebih 3 menit 53 detik dan lontaran material pijar ke segalah arah dengan jarak lontaran lebih kurang 700 meter. VAAC Darwin sempat memposting Vulcano Observatory Notice for Aviation (VONA) berwarna Red. Meski demikian, Vona tersebut tidak mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.
"Masih berjalan lancar, karena satu hembusannya kecil dan arah angin memang ke selatan tadi tapi sudah terurai di ruang udara. Secara operasional taktikal dari AirNav sudah bisa clear pesawat bisa landing dan take off. Jadi Bandara I Gusti Ngurah Rai (aman)," kata Kepala Humas Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Arie Ahsanurrohim, saat ditemui di Lantai 2, Terminal International Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Kamis (13/6).
Arie meminta wisatawan yang menggunakan jasa penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai tak khawatir. Meski demikian, tetap harus diantisipasi karena aktivitas Gunung Agung tidak bisa di prediksi.
"Kalau soal khawatir tetap antisipasi karena memang gunung agung tidak bisa di prediksi. Tapi yang jelas dari sisi penerbangan kita selalu monitor," ujarnya.
"Apalagi setelah erupsi setiap 3 jam atau 6 jam sekali itu ada update. Kalau tidak ada erupsi kita sifatnya standby," ujar Arie.