816Agent
816WIN

Sabtu, 24 Agustus 2019

Selain Hiu, Dugong dan Penyu Muncul di Perairan Nusa Dua Bali

Selain Hiu, Dugong dan Penyu Muncul di Perairan Nusa Dua BaliSelain kawanan hiu jenis Blacktip, perairan Nusa Dua, Bali dihebohkan kemunculan dugong atau sapi laut dan penyu. Dugong merupakan salah satu hewan mamalia yang dilindungi.
"Selain hiu untuk daerah Nusa Dua biasanya ada penyu dan dugong atau sapi laut," kata Staf Pendayagunaan dan Pelestarian Balai Pengelolaan BPSPL Denpasar Yudhistio Wahyudi saat ditemui di Pantai Nusa Dua, Bali, Jumat (23/8).
Informasi dari nelayan, menurutnya, Perairan Nusa Dua juga pernah ditemukan dugong. Sebab, kawasan Perairan Nusa Dua ada Padang Lamun atau sejenis rumput makanan dugong.
"Kalau menurut informasi masyarakat nelayan terutama memang pernah ketemu dugong. Kalau dugong habitatnya biasanya di Padang Lamun, di mana ada lamun di daerah sekitar daerah Nusa Dua ini," ujarnya.
Wahyudi menjelaskan sangat sulit sebenarnya menemukan dugong sangat sulit. Hewan ini diketahui sangat sensitif terhadap keberadaan manusia.
"Cuma keberadaan dia sangat sensitif terhadap manusia dia susah untuk ditemukan. Dugong kalau setiap ada lamun biasanya ada dugongnya," ujarnya.