816Agent
816WIN

Sabtu, 05 Oktober 2019

Orangutan Masuk 'Turun Gunung' Bikin Resah Warga di Aceh Selatan

Orangutan Masuk 'Turun Gunung' Bikin Resah Warga di Aceh Selatan

Satu Orangutan dievakuasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh bersama Orangutan Information Centre (OIC). Orangutan itu dievakuasi karena mengganggu perkebunan masyarakat di Gampong Air Pinang, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan.
Tim berhasil mengevakuasi kemarin sekira pukul 15.26 WIB dan langsung dibawa ke Banda Aceh. "Orangutan dewasa berjenis kelamin jantan, usia lebih kurang 20 tahun," kata Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo, di Banda Aceh, Jumat (4/10).
Dia mengatakan, berdasarkan keterangan hasil pemeriksaan dokter hewan, kondisi Orangutan tersebut dalam keadaan sehat. Selanjutnya akan dilepasliarkan ke Stasiun Reintroduksi Orangutan Sumatera di Jantho, Aceh Besar.
"Ini mengingat releasing site di Rantau Sialang, TN Gunung Leuser yang berdekatan dengan lokasi konflik, sudah sangat padat," ujar dia.
Menurut Sapto, petugas membutuhkan waktu lebih tujuh jam untuk mengevakuasi hewan dilindungi ini. Pertama kali petugas menuju lokasi kemarin pada pukul 10.00 WIB dan berhasil dievakuasi pada pukul 15.00 WIB.
"Saat ini sedang dalam perjalanan dari Aceh Selatan ke Jantho," ungkapnya.
Dia menyebut selama tahun 2018 sampai 2019, BKSDA Aceh telah melepasliarkan Orangutan ke Stasiun Reintroduksi Orangutan Sumatera di Jantho, Aceh Besar sebanyak 20 individu. Total yang direlease di Jantho sekarang sebanyak 103 individu.
"Bakal bertambah satu lagi hari ini," tandasnya.