816Agent
816WIN

Rabu, 30 Oktober 2019

Longsor di Deli Serdang, Perkuburan Amblas

Longsor di Deli Serdang, Perkuburan Amblas

Longsor terjadi di Desa Penungkiren, Kecamatan STM Hilir, Deli Serdang Sumut. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun pemakaman setempat amblas, sehingga puluhan kuburan terpaksa dipindahkan.
Berdasarkan informasi dihimpun, longsor terjadi di Dusun III Pamah, Minggu (27/10) pagi. Hingga Selasa (29/10) warga masih berupaya memindahkan makam kerabatnya yang terancam ikut amblas.
Longsor terjadi menyusul hujan yang terjadi pada Sabtu ((26/10) malam. "Hujan deras terus sampai jam 24.00 malam. Karena tingginya curah hujan itu lalu baru setelah (Minggu) pagi, nampak warga kuburan itu amblas," kata Kepala Desa Penungkiren, Pasangen Sembiring, Selasa (29/10).
Akibat longsoran itu beberapa tengkorak dan tulang-belulang dari kuburan berserakan terbawa tanah longsor. Sementara kuburan yang ikut amblas hanya satu.
Tapi kuburan yang lain dalam posisi genting karena berada di tepi tebing. Warga pun bermufakat untuk memindahkannya.
Mereka menyepakati untuk memindahkan kuburan kerabatnya ke lahan masing-masing. Sekurangnya sudah sekitar 13 kuburan yang dipindahkan. Pemindahan masih berlanjut hingga hari ini.
"Ke depan kita pindahkan ke lahan tanah wakaf kita. Kalau nanti kita dapat nanti bolehlah kita pindahkan ke tanah wakaf yang sudah ada," ucap Pasangen.
Saat ini pihak desa sudah berkoordinasi dengan kecamatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Mereka berupaya mencari lahan baru untuk dijadikan lahan perkuburan.