816Agent
816WIN

Sabtu, 05 Oktober 2019

Penanjakan Bromo Terbakar, Kawanan Monyet Liar Mulai Turun Gunung



Pasuruan - Kebakaran di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), tepatnya di Bukit Penanjakan, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, menganggu habitat monyet. Puluhan monyet turun ke jalan dan pemukiman.

Bila hari normal sejumlah monyet berkeliaran di jalan akses menuju Bukit Penanjakan, Bukit Kinkong dan Bukit Dingklik. Karena kebakaran yang terjadi sejak Kamis (3/10) sore, jumlah monyet semakin banyak.

Satwa yang biasanya nyaman di hutan, keluar mencari tempat aman. Monyet-monyet ini berkeliaran di musala dan pagar jalan. Meski demikian, monyet-monyet tersebut jinak dan tidak menganggu warga dan wisatawan.

Banyak monyet berkeliaran. Mencari tempat aman," kata Kepala Resort Bukit Penanjakan TNBTS, Joko Purwito saat dikonfirmasi, Sabtu (5/10/2019).

Saat ini petugas gabungan dari TNBTS, pencinta alam, warga tengah bersiap melakukan pemadaman. Joko Purwito mengatakan sebanyak 50 orang akan terjun ke lokasi kebakaran.

Selain memadamkan api yang masih menyala, petugas juga akan disebar untuk melakukan pembasahan sisa-sisa kebakaran. Sisa-sisa kayu yang terbakar dikhawatirkan akan terbakar lagi.