816Agent
816WIN

Jumat, 11 Oktober 2019

Fitri Adriana, Istri Penikam Wiranto Sudah Lama Merantau dan Dikenal Tertutup

Fitri Adriana, Istri Penikam Wiranto Sudah Lama Merantau dan Dikenal Tertutup

Fitria Andriana alias Fitria Diana, pelaku penusukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, dikenal tertutup. Warga Desa Sitanggai, Kecamatan Karangan, Kabupaten Brebes, ini diketahui telah lama merantau. Ia pun jarang bergaul dengan masyarakat setempat.
Kepala Desa Sitanggai, Andi Purwanto mengatakan, Fitria Andriana telah bertahun-tahun meninggalkan kediaman orang tuanya untuk merantau. Terakhir kali pulang ke Brebes, kesaksian warga, Fitria berbusana tertutup. Fitria juga jarang bergaul, sehingga warga tak mengenal baik sosoknya.
"Orangnya tertutup. Merantau untuk membantu perekonomian keluarga. Warga di sini kaget, dia terlibat penusukan Pak Wiranto," kata Andi melalui sambungan telepon, Jumat (11/10).

Status Belum Menikah

Dari data kependudukan warga Desa Sitanggai yang dicek oleh Andi, Fitria bernama Fitria Diana. Status yang terdata, dia belum menikah.
Warga setempat pun juga tak tahu menahu bahwa Fitri telah menikah dengan Syahril Alamsyah, pelaku penusukan pada Wiranto.
Sedang orang tua Fitria, dikatakan Andi sehari-hari bekerja sebagai buruh tani dan tukang ngarit (pencari rumput). Usai kejadian penikaman Wiranto pada Kamis (10/10), pihak kepolisian mendatangi rumah orang tua Fitriana, menggeledah, dan membawa orang tua Fitria ke Polres Brebes.

Orangtua Sudah Pulang Diperiksa Polisi

Andi Purwanto pun sempat menemani salah satu warga yang diminta memberi keterangan ke Polres Brebes.

"Sampai dini hari kemarin di Polres. Orang tua Fitria dan warga yang saya temani sudah pulang sekarang," ujarnya.

Kejadian penikaman Wiranto yang melibatkan warga Desa Sitanggai ini, dinilai Andi membuat warga resah. Warga tak menyangka, bagian dari lingkungan mereka ada yang terpapar paham radikal.

"Warga tentunya kaget dengan kejadian ini," kata Andi Purwanto.

Sebelumnya, Mertua pelaku penusukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) dibawa ke Polres Brebes, Kamis (10/10). Polisi mendatangi kediaman Fitria Andriaman (FA) warga Desa Sitanggai, Kecamatan Karangan, Kabupaten Brebes yang merupakan istri dari Syahril Alamsyah, pelaku penusukan pada Wiranto.

"Orang tuanya sudah dibawa ke Polres. Ini saya juga mau ke sana," kata Kepala Desa Sitanggai, Andi Purwanto melalui sambungan telepon.

Andi menyatakan belum bisa bercerita banyak tentang sosok FA. Ia membenarkan FA merupakan warga Desa Sitanggai. Sejauh ini, FA yang ia ketahui tengah merantau.

"Dia di perantauan. Tapi sering pulang," kata Andi.

Kapolres Brebes, AKBP Aris Supriyono enggan memberi keterangan. Ia mengatakan segala informasi terkait penusukan Wiranto dan keterlibatan salah satu warga Brebes harap ditanyakan ke Mabes Polri.

"Keterangan ke Mabes saja," ujar Aris singkat.

Wiranto diserang menggunakan senjata tajam saat melakukan kunjungan ke Alun-Alun Menes, Pandeglang, Banten. Pelaku penusukan satu orang, namun sebelum kejadian pelaku datang ke lokasi bersama istri. Keduanya kini sudah diamankan polisi. Pelaku diduga terpapar paham radikal ISIS.