816Agent
816WIN

Senin, 25 November 2019

Hadiri Peringatan Hari Guru di Surabaya, Rombongan Guru Jember Kecelakaan 1 Tewas

Hadiri Peringatan Hari Guru di Surabaya, Rombongan Guru Jember Kecelakaan 1 Tewas

Kabar duka menerpa kalangan pendidik di Jember tepat pada Peringatan Hari Guru Nasional 2019. Sebuah minibus yang membawa rombongan guru dari SMPN 1 Sumberbaru, Jember, mengalami kecelakaan di Tol Pasuruan-Probolinggo. Tepatnya di sekitar exit tol Tongas yang masuk Desa Wringinanom, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo.
Para pendidik anggota PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) itu hendak berangkat ke Surabaya guna menghadiri peringatan Hari Guru Nasional pada Minggu 24 November 2019. Acara yang digelar PGRI tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Emil Elestianto Dardak.
Insiden pada Minggu sore tersebut merenggut satu korban jiwa. Selain itu, dua orang mengalami luka kritis dan belasan lainnya luka-luka biasa. Para korban luka dirawat di tiga rumah sakit di dua kota yang berbeda.
Begitu tersiar kabar kecelakaan yang menimpa rombongan guru dari Jember pada Minggu sore, Pemkab Jember langsung mengirimkan tujuh mobil ambulans ke Probolinggo. Tujuh mobil ambulans milik Pemkab Jember itu memang membawa masing-masing satu korban ke rumah sakit yang berbeda. Tujuh mobil ambulans tersebut menjemput korban dari rumah sakit terdekat dari lokasi kecelakaan, yakni RSUD Tongas, Probolinggo.
"Untuk 7 korban, ada 5 di antaranya yang dirujuk ke RSD dr Soebandi Jember. Dua lainnya ke RS dr Soetomo Surabaya, dan 1 orang lagi ke salah satu rumah sakit di Jember, tapi saya lupa namanya. Nanti akan saya cek lagi ya," ujar Dedy Winarno, Camat Sumberbaru, Jember saat dikonfirmasi pada Minggu (24/11) malam.
Dedy tidak merinci identitas para korban. Adapun terkait penyebab kecelakaan, diduga karena sopir mengantuk. "Informasinya memang seperti itu (karena sopir mengantuk, red). Tetapi kita harus menunggu penyelidikan dari polisi," ujar Dedy.
Ini menjadi kecelakaan kedua yang menimpa warga Jember di Tol Paspro dalam bulan November ini. Sebelumnya, pada 5 November 2019 lalu, mobil yang membawa 3 anggota Polres Jember mengalami kecelakaan di Tol Paspro. Peristiwa naas tersebut menyebabkan seorang perwira, yakni Kanit Pidum Satreskrim Polres Jember Iptu Ainur Rofiq meninggal dunia di lokasi.
Kecelakaan tersebut terjadi di KM 833 A Tol Pasuruan-Probolinggo sekitar pukul 14.30 WIB, Selasa (5/11/2019) dari arah barat menuju timur. Saat itu, mobil hendak pulang dari Mapolda Jatim di Surabaya, usai ketiga polisi tersebut menghadiri sebuah lomba dalam rangka HUT Bhayangkara. Saat itu mobil Terioz yang dikemudikan seorang anggota Satlantas Polres Jember tersebut, menabrak sebuah truk yang ada di depannya.