816Agent
816WIN

Rabu, 27 November 2019

2 Warga Pemalang Meninggal Usai Diserang Tawon yang Bersarang di Area TPU

2 Warga Pemalang Meninggal Usai Diserang Tawon yang Bersarang di Area TPU

Suami istri di Pemalang Jawa Tengah, Suwaryo (62) dan Endriyati (45) meninggal usai diserang Tawon Gung (Apis Dorsata) ketika melintas di Tempat Pemakaman Umum Dukuh Karyamukti, Desa Karangbrai, Bodeh, Pemalang.
Peristiwa itu terjadi Minggu kemarin. Semula warga Desa Kebandaran Kecamatan Bodeh ini tengah melintas dengan berboncengan sepeda motor di area tersebut.
Sekawanan Tawon Gung yang bersarang di pemakaman kampung mendadak menyerang. Mereka pun panik dan berteriak minta tolong.
Warga yang mendengar teriakan keduanya berupaya menolong. Tetapi serangan tawon itu memang luar biasa.
Selama beberapa waktu, warga tak kuasa mengusir tawon yang tengah mengamuk. Namun akhirnya serangan tawon itu mereda.
"Seketika warga sekitar ikut membantu korban untuk menghindari serangan tawon, dan langsung mengantarkan korban ke Puskesmas Kebandaran," kata Wakil Kepala Polsek Bodeh Ipda Suripto, Selasa (26/11).
Lantaran kondisinya sudah parah, kedua korban dirujuk ke Rumah Sakit Prima Medika, Pemalang. Hasil pemeriksaan, Suwaryo disengat sebanyak 60 kali. Sedangkan Endriyati menderita sengatan sebanyak 85 kali.
Meski sempat mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit, kedua korban akhirnya meninggal dunia. Endriyati meninggal dunia pada Senin pagi (25/11) sekitar pukul 01.00 WIB.
Adapun Suwaryo, meninggal dunia selang sekitar 19 jam setelahnya, sekitar pukul 20.00 WIB. Keduanya lantas dimakamkan di Pemakaman Umum Desa Jragan, Bodeh Pemalang.
Tawon Gung adalah penghasil penghasil madu nomor satu di hutan. Tetapi binatang tersebut dikenal liar dan ganas sehingga tidak bisa dipelihara.
Satu sifat yang khas adalah ketika merasa terusik, maka tawon ini akan menyerang bersamaan atau keroyokan. Penyebabnya bisa bermacam-macam.