816Agent
816WIN

Sabtu, 16 November 2019

BBKSDA Riau Pasang Kamera Trap Cari Harimau Sumatera di Taman Nasional Zamrud

BBKSDA Riau Pasang Kamera Trap Cari Harimau Sumatera di Taman Nasional Zamrud

Pasca-temuan harimau sumatera di pipa minyak BOB Taman Nasional Zamrud Kabupaten Siak, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau memasang kamera trap di lokasi tersebut.
"Selain pemasangan kamera trap, kami juga menurunkan tim untuk monitoring di lokasi temuan Harimau Sumatera tersebut," ujar Kepala BBKSDA Riau, Suharyono Kamis (14/11).
Harimau itu ditemukan sekelompok pekerja lalu merekam videonya. Selanjutnya video itu tersebar di media sosial hingga sampai ke BBKSDA Riau.
"Ada 5 kamera trap yang kita pasang di dalam kawasan TN Zamrud. Dua kamera trap lainnya dipasang di areal perusahaan Badan Operasi Bersama PT BSP. Tepatnya di pipa 23 Km dan 98 jalan induk perusahaan minyak tersebut," ucap Haryono.

Monitoring Selama 2 Pekan

Untuk pelaksanaan monitoring dipimpin Kepala Wilayah II BBKSDA Riau, Heru Sutmantoro. Rencananya tim monitoring itu akan bekerja selama dua pekan ke depan, sekaligus akan melihat hasil kamera trap.
Kemunculan Harimau Sumatera menggegerkan pekerja di lokasi areal pipa minyak BOB. Mereka sempat melihat harimau di lokasi tersebut. Mereka sempat mengabadikan dengan foto dan video berdurasi 3 menit 31 detik.
Keberadaannya terlihat di kilometer 23 pada Minggu (3/11) sekitar pukul 17.30 Wib.D satwa Bertaring tajam itu diperkirakan masih remaja.