816Agent
816WIN

Jumat, 20 Desember 2019

Pegawai BUMD di Muba Tembak Mati Wanita yang Dituduh Perusak Keluarga Mertua

Pegawai BUMD di Muba Tembak Mati Wanita yang Dituduh Perusak Keluarga Mertua

Seorang pegawai BUMD di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, berinisial JH (32), menembak mati seorang wanita yang dituduhnya sebagai perusak keluarga mertuanya. Sempat buron empat tahun, pelaku akhirnya diringkus polisi.
Kasus ini berawal saat ditemukannya korban, Maya Kartika Sari (33) oleh ayahnya tergeletak di tempat tidur di rumahnya di Desa Muara Tidak, Kecamatan Sekayu, Muba, November 2015 dini hari. Saksi sebelumnya mendengar letusan senjata api dan suara rintihan dari kamar.
Korban mengalami luka tembak di pinggang sebelah kiri dan telah meninggal dunia. Petugas melakukan penyelidikan dan pelakunya terungkapnya selama empat tahun.
Kapolres Muba AKBP Yudhi Surya Markus Pinem mengungkapkan, tersangka ditangkap di rumahnya yang berada tak jauh dari kediaman korban, Selasa (17/12). Tersangka pun mengakui perbuatannya dan siap bertanggung jawab.
"Tersangka berdalih ingin menyerahkan diri. Dari penyelidikan akhirnya kita berhasil menangkapnya," ungkap Yudhi, Kamis (19/12).
Pembunuhan itu dilakukan tersangka dengan senjata api rakitan yang telah dibuangnya usai kejadian. Dia melompat pagar dan membuka kaca jendela kamar lalu menembak korban satu kali.
"Ketika itu korban tengah tidur pulas bersama dua anaknya. Tersangka langsung kabur lalu membuang senjata ke sungai," kata dia.

Dituduh Perusak Rumah Tangga Mertua

Tersangka berdalih kesal dengan perilaku korban yang dituduhnya sebagai penyebab keretakan rumah tangga mertuanya. Dia menuduh korban memiliki hubungan spesial dengan ayah tersangka.
"Tersangka bilang korban ada apa-apa dengan ayah mertuanya, itu membuatnya kesal dan membunuh korban," kata dia.
Atas perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 338 juncto Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman minimal selama hidup penjara. Barang bukti yang diamankan pakaian korban saat kejadian, sementara senjata api rakitan milik tersangka tengah dilakukan pencarian.