816Agent
816WIN

Sabtu, 13 Juni 2020

Tertular dari OTG, 7 Perawat RSUP H Adam Malik Medan Positif Covid-19

Tertular dari OTG, 7 Perawat RSUP H Adam Malik Medan Positif Covid-19

Tujuh perawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan dinyatakan positif Covid-19. Mereka kini menjalani isolasi di rumah sakit milik pemerintah pusat itu.
"Benar, ada perawat kita yang dirawat di ruang isolasi saat ini karena positif Covid-19," kata Kasubbag Humas RSUP Haji Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak, Jumat (12/6).
Lima di antar tujuh perawat yang dinyatakan positif Covid-19 itu diisolasi pada Sabtu (6/6). Dua orang lainnya diisolasi pada Selasa (9/6) kemarin.
Seluruh perawat itu berjenis kelamin perempuan. Para tenaga kesehatan ini diduga tertular karena kontak erat dengan orang tanpa gejala (OTG) Covid-19. "Bukan karena melayani pasien Covid-19, tetapi karena ada kontak erat dengan OTG," jelas Rosario.
Tenaga medis dan tenaga kesehatan menjadi kelompok yang paling berisiko tertular Covid-19. Mereka berpotensi tinggi bertemu pasien ataupun OTG, sehingga kontak erat dengan mudah terjadi.
Sejumlah kasus tenaga medis dan tenaga kesehatan tertular Covid-19 ditemukan di Sumut. Bahkan beberapa puskesmas di Kota Medan sempat ditutup karena temuan itu.