816Agent
816WIN

Senin, 22 Juni 2020

Matikan CCTV, Penjaga Malam Perpusda Bontang Gasak Laptop Hingga Handphone

Matikan CCTV, Penjaga Malam Perpusda Bontang Gasak Laptop Hingga Handphone

IH (41), warga Tanjung Laut, Bontang, Kalimantan Timur, dibekuk polisi. Pria yang bertugas sebagai wakar atau penjaga malam itu, justru mencuri sejumlah barang elektronik di kantor Perpustakaan Daerah (Perpusda) kota Bontang, tempatnya bekerja.
Sebelumnya, Perpusda sudah 3 kali kehilangan barang inventaris kantor. Tim Rajawali Satreskrim Polres Bontang, dibantu Jatanras Polda Kaltim, melakukan penyelidikan. Akhirnya, pelaku dibekuk di rumahnya.
"Pelaku tidak lain adalah wakar Perpusda itu sendiri," kata Kasat Reskrim Polres Bontang AKP Mahfud Hidayat, Senin (22/6).
Dia menerangkan, pelaku dengan mudah melakukan aksi pencurian, dengan cara lebih dulu mematikan jaringan CCTV.
"Sebelum beraksi, dia cabut dulu kabel CCTV," ujarnya.
Kepada penyidik, Mahfud mengungkapkan, pelaku IH mengaku 3 kali melakukan pencurian di Perpusda. Pernyataan itu sesuai dengan 3 kali pelaporan Perpusda, ke Polres Bontang.
"Belakangan kita ketahui, pencurian itu dilakukan sejak 2018. Barang-barang yang diambil, diantaranya 5 laptop, 2 handphone, dan handycam. Modusnya ya itu, lebih dulu mematikan CCTV, karena dia sudah hafal," terangnya.
Sejumlah laptop dan handphone curian, disita sebagai barang bukti. Pelaku IH ditetapkan tersangka, dengan jeratan pasal 363 KUHP tentang Pencurian disertai Pemberatan.
"Ancamannya 7 tahun penjara," tutup Kasubbag Humas Polres Bontang AKP Suyono.