816Agent
816WIN

Kamis, 25 Juni 2020

Dibawa Orang Tua Ikut Takziah, Bayi 10 Bulan Terinfeksi Covid-19

Dibawa Orang Tua Ikut Takziah, Bayi 10 Bulan Terinfeksi Covid-19

Sungguh malang nasib JPL yang baru berusia 10 bulan. Balita ini dinyatakan positif terjangkit Covid-19 setelah diajak orang tuanya menghadiri takziah di kediaman NC yang dinyatakan positif dan meninggal dunia beberapa waktu lalu.
Penularan itu malah menjadi klaster baru penyebaran virus Corona di Riau. Bayi malang tersebut ikut terdaftar dalam deretan pasien yang dirilis tim gugus tugas penanganan Covid-19 Riau, Rabu (24/6) hari ini. Tim menyampaikan ada 24 pasien baru yang dinyatakan positif virus tersebut.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir menyatakan bayi itu menjadi bagian dari klaster penularan dari Palembang, yang berawal dari pasien NC yang punya riwayat perjalanan dari Palembang dan telah meninggal dunia. Keluarga NC menggelar takziah, dan di sanalah bayi itu tertular.
"Bayi itu terindikasi tertular setelah diciumi orang-orang yang hadir di acara takziah tersebut. Terdapat beberapa orang yang juga tertular. Namun, orang tua bayi itu belum dinyatakan positif," terangnya.
Menurut Mimi, penyebaran dari klaster ini sangat cepat dan menjadi peringatan untuk masyarakat karena yang rentan tertular itu balita dan lanjut usia.
Dia mengatakan, selain klaster Palembang yang kini menjadi klaster penularan besar, ada juga klaster BRI Pekanbaru Sudirman yang hingga kini tercatat sebanyak 17 orang pasien. Jadi di Kota Pekanbaru ini ada dua klaster besar penularan Covid-19.
"Namun, dari klaster BRI sudah ada tiga orang yang sembuh. Hari ini ada juga penambahan 3 pasien dari klaster BRI,” kata Mimi.