816Agent
816WIN

Senin, 23 September 2019

Udara di Medan Tidak Sehat, Masyarakat Harus Pakai Masker Saat Keluar Rumah

Udara di Medan Tidak Sehat, Masyarakat Harus Pakai Masker Saat Keluar RumahKondisi udara di Medan dan Deli Serdang, Sumut, Senin (23/9), dinyatakan tidak sehat akibat kabut asap. Masyarakat diingatkan untuk mengenakan masker jika terpaksa beraktivitas di luar rumah.
Kondisi ini didasarkan kepada pengukuran kualitas udara harian hingga pukul 10.00 WIB. Hasilnya dapat disimpulkan bahwa konsentrasi partikulat PM10 di wilayah Kota Medan berkisar antara 151.1-163 μgram/m3.
Partikulate Matter (PM 10) adalah pertikel udara yang berukuran lebih kecil dari 10 mikron (mikrometer). Sementara Nilai Ambang Batas (NAB) atau batas konsentrasi polusi udara yang diperbolehkan berada dalam udara ambien yaitu NAB PM10 = 150 μgram/m3.
"Dari hasil monitoring PM10 harian ditemukan konsentrasi partikulat yang berkisar antara 151.1-163 μgram/m3. Artinya kondisi udara di Medan dan Deli Serdang pada hari ini tidak sehat," kata Forecaster on Duty BBMKG Stasiun Kualanamu, Yolanda, Senin (23/9).
Kondisi udara Kota Medan dan Deli Serdang ke depan bergantung atas kepekaan kabut asap yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan.
"Sepanjang masih ada kebakaran hutan dan lahan, status ini kemungkinan masih terus berlaku untuk Medan dan Deli Serdang," sebut Yolanda.
Karena udara yang tidak sehat ini, masyarakat diimbau untuk lebih waspada dan menjaga kesehatan. "Jika beraktivitas di luar ruangan agar memakai masker pelindung," imbaunya.
Saat ini kabut asap di Kota Medan dan Deli Serdang semakin pekat. Jarak pandang di Bandara Kualanamu pun terpengaruh. "Jarak pandang yang kami pantau di Kualanamu paling rendah 700 meter," tutur Yolanda.