816Agent
816WIN

Kamis, 26 September 2019

Radang Tenggorokan yang Tak Kunjung Sembuh Bisa Jadi Tanda Penyakit Jantung Rematik

Radang Tenggorokan yang Tak Kunjung Sembuh Bisa Jadi Tanda Penyakit Jantung RematikInfeksi radang tenggorokan tak sembuh-sembuh yang dialami oleh seseorang merupakan tanda dari adanya penyakit lain yang perlu diwaspadai. Hal ini bisa jadi tanda adanya risiko penyakit jantung rematik pada diri orang tersebut.
Wakil Sekjen I Perhimpunan Dokter Kardiovaskular Indonesia (PERKI) BRM Ario Soeryo Kuncoro mengingatkan, segera lakukan pemeriksaan kesehatan lengkap bila radang tenggorokan yang dialami tak juga sembuh.
"Biasanya kalau infeksi radang tenggorokan berkepanjangan atau lama sembuhnya, ada kecurigaan mengarah pada penyakit jantung rematik," jelas Ario.
Yang menjadi catatan, keluhan rematik jantung bukan hanya karena radang tenggorokan saja, melainkan diikuti gejala lain.
"Beda radang biasa dengan radang dari jantung rematik. Bedanya, kalau penyakit jantung rematik itu keluhan diikuti keluhan lain seperti nyeri sendi, bengkak, dan kemerahan pada kulit," tambah Ario
"Lalu ada gerakan tubuh yang tidak biasa terjadi pada pasien. Kalau radang biasa tidak sampai nyeri."

Penyakit Jantung Rematik Bisa Terjadi Sejak Muda

Penyakit jantung rematik mulai terjadi pada usia muda. Infeksi terjadi mulai usai 5-15 tahun dan 20 sampai 30-an.
Diagnosis utama adalah pembiakan dari kuman yang ada di tenggorokan tersebut.
"Kumannya khusus (Strepcoccus tipe A). Ketika seseorang periksa pertama kali, dokter bisa langsung mendeteksi (pembiakan kuman yang mengarah pada jantung rematik). Enggak perlu menunggu 30 tahun karena proses kekebalan tubuh yang akan merusak tubuh," ujar Ario.