816Agent
816WIN

Jumat, 24 Mei 2019

Pos Polisi Jajar Solo Terbakar, Api Diduga Berasal dari Tumpukan Sampah

Pos Polisi Jajar Solo Terbakar, Api Diduga Berasal dari Tumpukan SampahPos polisi terbakar di simpang empat Fajar Indah, Jalan Adi Sucipto, Kelurahan Jajar, Kecamatan, Laweyan, Solo, Jumat (24/5) dini hari. Namun api hanya menghanguskan bagian belakang pos yang difungsikan sebagai toilet.

Beruntung warga dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Solo segera datang memadamkan api. Saat kejadian, tak ada polisi yang bertugas, sehingga tidak menimbulkan korban. Lokasi pos juga jauh dari pemukiman sehingga api tidak merembet ke rumah warga.
Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian menyebutkan, api tiba-tiba muncul dan membakar kusen jendela bagian belakang yang terbuat plastik dan kayu.
Kepala Dinas Damkar Solo, Gatot Sutanto mengatakan, pihaknya langsung memerintahkan petugas melakukan pemadaman pos polisi yang berada di persimpangan Jalan Prof Dr Soeharso dengan Jalan Adi Sucipto tersebut.
"Kami menerima laporan sekitar pukul 01.45 WIB, sehingga Damkar Solo menerjunkan sejumlah mobil dan bisa cepat dipadamkan," katanya.
Wakapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai menjelaskan, kebakaran pos polisi jajar hanya sebagian kecil dan tak menimbulkan banyak kerusakan. Ia memperkirakan api muncul dari tumpukan sampah di belakang. Pihaknya mendapatkan laporan tersebut dari warga sekitar pukul 01.40 WIB.
"Api sempat mengenai kusen jendela bagian belakang. Masyarakat melaporkan ke kita dan membantu memadamkan api. Kita sudah lihat ke sana tadi malem, kemungkinan penyebabnya sampah di belakang. Api yang menjalar itu dari belakang," ujar Andy, saat ditemui di Mapolresta Surakarta.
Kendati demikian, Andy menyampaikan akan terus melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Berdasarkan keterangan sejumlah saksi, api muncul dari belakang pos lantas. Terkait adanya unsur kesengajaan atau sabotase, Andy belum bisa memastikannnya.
"Sekarang kita masih laksanakan penyelidikan terus. Yang rusak hanya tralis belakang saja. Karena mungkin terkena jilatan api," katanya.
Sementara itu pantauan di lokasi, nampak 2 personel polisi lalu lintas membersihkan sisa kebakaran. Dari sisi depan, Pos Polisi lalu lintas tersebut nampak masih utuh. Namun di sisi belakang bekas hangus masih terlihat.