816Agent
816WIN

Senin, 20 Mei 2019

Aniaya Anak Buah, Pejabat Kecamatan di Ciputat Terancam Sanksi

Aniaya Anak Buah, Pejabat Kecamatan di Ciputat Terancam SanksiTim Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan Kota Tangerang Selatan akan memberikan sanksi kepada Kepala Seksie Pemerintahan di Kecamatan Ciputat, Adi Irawan. Sanski ini terkait penganiyaan yang dilakukannya terhadap Surya Malik Perkasa yang merupakan anak buah dari Adi Irawan.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Tangsel, Apendi mengatakan Adi telah melanggar etika selaku pejabat Daerah dengan melakukan pemukulan terhadap anak buahnya. Sanksi yang akan diberikan nantinya merujuk pada aturan dan ketentuan yang berlaku.
"Dalam PP 53 itu ada sanksi teguran lisan ada sedang, ada berat, kalau berat diberhentikan dengan hormat, penurunan jabatan, ada penurunan golongan. Tapi nanti akan kita proses," kata Apendi saat dikonfirmasi, Senin (20/5).
Sementara untuk persoalan pidananya, Apendi mengaku menyerahkan sepenuhnya kasus pemukulan itu, kepada pihak berwajib. "Kalau itu proses hukum, itu ranahnya penyidik, itu pidana," kata dia.
Ketentuan tindak pelanggaran yang telah dilakukan Adi, lanjutnya, telah diatur dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana. Adapun pihaknya hanya menangani soal pelanggaran kepegawaian.
"Apalagi dia alumni STPDN. Harus memberikan contoh yang baik sebagai pamong masyarakat," tegas Apendi
Apendi menyesalkan kejadian penganiayaan oleh pejabat kecamatan tersebut. Dia menilai seorang atasan yang baik seharusnya membimbing anak buahnya tanpa memakai kekerasan.
"Kami tentu prihatin dengan kejadian ini, dengan ini bisa menjadi pelajaran semua orang untuk menahan emosi, apalagi seorang atasan harusnya bisa membimbing dan membina anak buah tidak dengan kekerasan," ucapnya.
Sebelumnya diberitakan, Surya Perkasa dianiaya oleh atasannya Adi Irawan pada Rabu (15/5) sekitar pukul 10.30 WIB. Kejadian itu bermula saat Surya berada di meja kerja, lalu Adi memungut sampah kertas yang berada di salah satu meja ruangan. Tak lama kemudian, Adi masuk ruang kerja dan keluar lagi untuk menganiaya Surya tanpa alasan yang jelas.