816Agent
816WIN

Minggu, 26 Mei 2019

Agar Si Buah Hati Semangat Berpuasa, Ajak Ia Sahur dengan Trik Ini

Agar Si Buah Hati Semangat Berpuasa, Ajak Ia Sahur dengan Trik IniJakarta , Saat berpuasa, Si Buah Hati pasti akan mengalami beberapa tantangan. Salah satunya adalah perubahan jadwal makan yang disesuaikan dengan waktu sahur dan berbuka.

Hal ini pun pasti menjadi tantangan bagi Bunda untuk membuat Si Buah Hati semangat berpuasa. Selain itu, Bunda juga pasti mengalami tantangan lainnya seperti membangunkan Si Buah Hati untuk sahur.

Di awal puasa, mungkin Si Buah Hati akan kaget karena tidak terbiasa bangun sepagi itu. Namun Bunda bisa menerapkan beberapa tips berikut agar Si Buah Hati semangat bangun untuk sahur.

Jelaskan Tentang Puasa
Jika ini kali pertama Si Buah Hati berpuasa, Bunda lebih baik mempersiapkan ia untuk berpuasa dari jauh-jauh hari sebelum bulan puasa tiba. Salah satunya adalah dengan menjelaskan pada Si Buah Hati jam berapa ia harus bangun untuk memakan sahur.

Lalu jelaskan juga bahwa setelah itu ia sudah tidak boleh lagi makan dan minum sampai waktu berbuka tiba. Bunda juga bisa memberitahu hal ini berulang kali pada Si Buah Hati sampai ia paham dan siap menjalani puasa.

Ajak Si Buah Hati Tidur Lebih Awal
Bunda, biasanya Si Buah Hati akan susah bangun untuk sahur kalau ia tidur terlalu larut pada malam hari. Karena itu, Bunda lebih baik mengajaknya tidur lebih awal agar ia bisa lebih mudah dibangunkan saat sahur. Si Buah Hati mungkin kadang susah untuk disuruh tidur lebih awal, tapi Bunda perlu bersikap tegas padanya dan jelaskan bahwa ia perlu tidur lebih awal agar bisa bangun untuk sahur.

Pasang Alarm Bersama
Sebelum tidur, Bunda juga bisa mengajak Si Buah Hati untuk mengatur sendiri jam berapa ia akan bangun waktu sahur dengan bersama-sama memasang alarm. Namun pastikan ia tidak memasang alarm melewati waktu sahur. Nanti saat Bunda membangunkannya, Bunda bisa bilang pada Si Buah Hati  bahwa itulah jam yang sudah ia tentukan sendiri dan ia harus bangun.

Bangunkan Si Buah Hati dengan Lembut
Saat sahur, bangunkan Si Buah Hati dengan lembut ya, Bunda. Bunda bisa mengusap kepalanya atau menepuk-nepuk punggungnya sambil mengajaknya bangun. Kalau Si Buah Hati tidak mau bangun juga, hindari membangunkannya dengan paksa karena bisa membuat mood Si Buah Hati menjadi turun dan ia akan semakin sulit lagi diajak sahur.

Beri Si Buah Hati Reward
Salah satu cara agar Si Buah Hati lebih termotivasi menjalankan puasa, termasuk sahur adalah dengan memberikan reward, Bun. Berikan hadiah berupa mainan yang paling ia inginkan atau tiket jalan-jalan agar Si Buah Hati makin semangat untuk menjalankan puasanya dengan maksimal. Tapi, Bun, reward ini tentu saja baru bisa ia dapatkan kalau ia bisa rutin menjalani puasa, salat, tarawih, hingga melaksanakan sahur.

Mudah kan, Bunda? Coba terapkan tips tadi agar Si Buah Hati selalu semangat bangun untuk sahur. Tapi selain membangunkannya, pastikan Bunda juga menyiapkan menu sahur yang ia sukai dan mengandung banyak nutrisi. Sebab kalau nutrisi Si Buah Hati terpenuhi, ia bisa menjalankan puasa dengan lancar dan bisa beraktivitas di sekolah dengan penuh semangat meskipun ia berpuasa.

Agar kebutuhan nutrisi harian Si Buah Hati selama berpuasa selalu terpenuhi, bantu lengkapi dengan menyiapkan segelas DANCOW FortiGro saat sahur dan sebelum tidur. Dengan begitu, Si Buah Hati akan tetap semangat dan tidak lemas selama berpuasa dan tetap fokus belajar di sekolah!

Mau tahu tips lain tentang cara mendampingi Si Buah Hati saat berpuasa? Yuk, Bunda, follow dan cek langsung di Instagram