816Agent
816WIN

Kamis, 23 Mei 2019

Banjir Bandang Terjang 4 Kecamatan di Lebak, Puluhan Rumah Warga Rusak

Banjir Bandang Terjang 4 Kecamatan di Lebak, Puluhan Rumah Warga RusakEmpat kecamatan di Kabupaten Lebak diterjang banjir bandang. Keempat kecamatan ini berada di bantaran sungai Ciberang dan Cilaki. Akibatnya, puluhan rumah warga dan beberapa jembatan rusak.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak Kaprawi mengatakan sungai sempat meluap saat hujan deras turun pada Rabu (22/5) malam. Empat kecamatan yang terdampak luapan sungai tersebut yakni di Sajira, Sobang, Muncang dan Cimarga.
"Akibat hujan dalam intensitas tinggi terutama di hulu sungai Cilaki yang mengakibatkan sungai meluap dan membawa material kayu yang roboh di sekitar bantaran sungai. Peristiwa banjir bandang kurang lebih 40 menit, saat ini air sudah surut dan menyisakan timbunan lumpur," kata Kaprawi saat dikonfirmasi, Kamis (23/5).
Kaprawi mengatakan akibat bencana ini ada puluhan rumah rusak. Di Kecamatan Sajira, ada 29 unit rumah rusak berat, 15 unit rusak ringan dan diperkirakan ada 50 rumah yang terendam. Selain itu, ada 2 jembatan serta 3 pondok pesantren dan 2 unit majelis taklim warga yang rusak.
Di Kecamatan Muncang, 4 unit rumah rusak berat, 1 unit warung rusak berat, 1 unit bangunan SD dan pondok pesantren rusak ringan dan 1 unit rumah rusak tertimbun material lonsor. Sementara warga yang terdampak masih tinggal dipengungsian dan banjir pun sudah kembali surut hanya menyisakan material lumpur.
"Kerugian material akibat banjir bandang belum bisa ditaksir, akan tetapi tidak terdapat korban jiwa," katanya.
Saat ini, BPBD Lebak sedang melakukan penelusuran di empat Kecamatan yang terdampak banjir bandang untuk melakukan pendataan kerusakan material." Data tadi yang disampaikan masih sementara," katanya.