816Agent
816WIN

Jumat, 22 Februari 2019

Membakar Lemak Lebih Banyak dengan Olahraga Berselang

Ilustrasi lomba lari maraton. (foxnews.com)Jakarta - Dokter atau ahli kesehatan sering menyarankan pasiennya menurunkan berat badan dengan mengurangi asupan kalori dan memperbanyak aktivitas olahraga. Tapi hingga saat ini belum ada jenis dan porsi olahraga yang dianggap paling ideal untuk membakar lemak tubuh secara secara optimal.

Namun para peneliti di British Journal of Sports Medicine menyatakan ada pola olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan. Porsi latihan yang dimaksudkan adalah olahraga dengan jadwal berselang (interval) antara latihan intensif dan jeda pemulihan singkat.
"Mereka yang mengikuti program interval mengalami penurunan berat badan lebih besar ketimbang yang menjalani program reguler,” ujar menurut peneliti senior dari Universitas Goias Brasil, Paulo Gentil, seperti dikutip dari Reuters, Selasa, 19 Februari 2019.
Bentuk olahraga ini dianggap lebih efektif menurunkan berat badan ketimbang latihan rutin seperti berlari atau bersepeda. Kesimpulan itu didapat para peneliti setelah memeriksa data 41 studi terkait dengan program penurunan berat badan menggunakan pola latihan olahraga interval. Penelitian ini melibatkan 1.115 peserta dan berlangsung selama 4-16 minggu.
Para peneliti membandingkan hasil studi itu dengan program penurunan berat badan menggunakan pola olahraga berintensitas sedang, seperti joging, bersepeda, atau berjalan dengan kecepatan tetap.
Dari hasil pengamatan, peneliti menemukan program olahraga berselang mampu menurunkan berat badan rata-rata lebih banyak, yakni 1,58 kilogram. Sedangkan pola olahraga reguler atau berintensitas sedang hanya mampu menurunkan berat badan sebesar 1,13 kg.
"Pembakaran lemak pada latihan berselang bisa lebih banyak dan terus berlanjut, bahkan setelah Anda berhenti berolahraga," kata Paulo.