816Agent
816WIN

Sabtu, 23 Februari 2019

5 Minuman yang Bikin Kulit Kering dan 5 yang Bikin Kulit Cantik

5 Minuman yang Bikin Kulit Kering dan 5 yang Bikin Kulit CantikMinuman yang memiliki citarasa lezat tak selalu menyehatkan. Bahkan produk yang diberi label minuman sehat pun tak selalu berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Tak hanya kesehatan yang terpengaruh, kulit pun bisa ikut terkena imbasnya. Seperti minuman bersoda, minuman berenergi, dan kopi yang sering kita konsumsi setiap hari. Ternyata minuman-minuman ini bisa menyebabkan kulit kering.

Walapun begitu, ada juga beberapa jenis minuman yang bisa menjadikan kulit lembap dan sehat, misalnya saja air putih dan jus murni.
Berikut ini kami tampilkan beberapa jenis minuman yang perlu dikonsumsi secara bijak agar tidak menyebabkan dehidrasi pada kulit dan beberapa minuman sehat yang bisa membantu melembapkan kulit dari dalam.
Dilansir Bustle, kadar gula berlebih di dalam darah akan mempengaruhi jaringan kolagen, shingga kulit jadi kering dan rapuh. Menurut Beth Warren, RD., ahli nutrisi dan pakar intuitive eating, makanan manis bisa menyebabkan jaringan kolagen kehilangan elastisitas dan akhirnya menyebabkan kerusakan. Karena itulah, konsumsi gula, terutama yang sudah mengalami proses berkali-kali sebaiknya dibatasi.
Karena mengandung kafein dalam jumlah yang cukup besar, kopi bisa menyebabkan tubuh dan kulit mengalami dehidrasi. Everyday Health menyarankan untuk membatasi konsumsi kopi hingga 4-7 cangkir setiap hari. Dengan demikian kulit tetap lembap dan cantik.
Kola, sparkling water, dan minuman berkarbonasi lainnya mengandung kafein serta gula yang bisa mengakibatkan ketahanan kulit melemah. Juga bisa menjadikan sel kulit kekurangan cairan yang dibutuhkan untuk menjaga kelembapan alaminya.
Energy drink atau minuman berenergi yang beredar di pasaran memang bisa memberikan suntikan semangat instan, sebab ada kandungan kafein dan gula dalam jumlah besar di dalamnya. Walaupun begitu, minuman-minuman ini juga bisa menyebabkan jerawat pada orang dewasa dan kekeringan kulit di area T (dahi dan hidung).
Jika dikonsumsi secara berlebihan, minuman berenergi bahkan bisa menjadikan kulit mengalami penuaan dini.
Minuman beralkohol dikenal sebagai diuretik dan ini berarti Anda akan lebih sering mengosongkan kandung kemih jika meminumnya dalam jumlah banyak. Alkohol bisa menghambat penyerapan cairan dari urin yang sedang diproses di ginjal.
Biasanya salah satu ciri orang yang mengonsumsi terlalu banyak alkohol adalah wajah sembap dan kulit yang berwarna pucat cenderung kelabu.
Untuk menjaga kulit Anda lebih elastis, pastikan tubuh senantiasa terhidrasi dengan baik," tutur Julieanna Hever, MS, RD, CPT, pakar diet nabati dan penulis The Vegiterranean Diet and The Complete Idiots Guide to Plant-Based Nutrition.
Hever menyarankan konsumsi air setidaknya setengah dari beratbadan kita setiap harinya. Tidak harus air putih, makanan yang kaya akan air seperti buah-buahan dan sayuran juga bisa menyumbangkan air yang cukup untuk tubuh kita.
Pasti Anda sudah pernah mendengar khasiat luar biasa air hangat yang dicampur dengan perasan lemon. Minuman ini bisa membersihkan racun di dalam tubuh, melunturkan lemak, membersihkan kulit, dan menjadikan kulit lebih sehat dari dalam.
Kalau tak ada lemon, Anda juga bisa menggantinya dengan air perasan jeruk nipis. Keduanya sama-sama mengandung vitamin C yang tinggi.
Meskipun mengandung kafein, teh hijau bisa menjadi alternatif minuman sehat yang mempercantik kulit.
Air teh hijau melembapkan, sehingga mengembangkan sel-sel untuk membantu kulit terlihat lebih berisi, lebih kenyal dan tidak kering," menurut The Nutrition Twins.
Selain itu, teh mengandung antioksidan kuat yang membantu menjaga sel-sel tetap sehat dan melawan kerusakan, termasuk sel-sel yang rusak dari stretchmark," tutur Kelly Choi, wartawan makanan dan penulis buku The 7-Day datar-Belly Tea Cleanse.
Buah dan sayuran yang diolah menjadi jus merupakan sumber cairan, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan kulit untuk mengunci kelembapan di setiap sel. Cold pressed juice juga bisa memberikan manfaat yang kurang lebih sama. Namun pastikan jus yang Anda konsumsi tidak ditambah pemanis, susu, atau kental manis.
Smoothie yang terbuat dari buah dan sayur juga memiliki khasiat yang sama seperti jus murni. Sebagai tambahan, kentalnya smoothie juga bisa memenuhi kebutuhan serat setiap hari. Kulit lembap, perut pun terasa kenyang lebih lama.
Demikian jenis-jenis minuman yang bisa menjadikan kulit kering dan minuman sehat yang bisa menjaga kekenyalan kulit lebih lama.