816Agent
816WIN

Rabu, 20 Februari 2019

Ayah Ternyata Lebih Bahagia dalam Merawat Anak Dibanding Seorang Ibu

Ayah Ternyata Lebih Bahagia dalam Merawat Anak Dibanding Seorang IbuMemiliki anak dan keluarga ternyata menyimpan kebahagiaan yang lebih besar terhadap pria dibanding pada wanita. Hal ini terungkap dari sebuah penelitian terbaru yang dilakukan.


Dilansir dari The Health Site, penelitian ini dilakukan oleh University of California terhadap 18 ribu partisipan. Penelitian dilakukan terhadap tiga hal berbeda yaitu tingkat kegembiraan, kepuasan psikologis, serta gejala depresi dan stres yang muncul.
Dua penelitian pertama membandingkan kegembiraan antara orang tua dengan mereka yang tak memiliki anak. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa seorang ayah memiliki kepuasan yang lebih besar terhadap kehidupan mereka serta merasa terhubung dengan orang lain.
Seorang ayah juga menunjukkan emosi positif yang lebih besar serta lebih sedikit cekcok dalam rumah dibanding ibu. Hasil yang serupa juga ditunjukkan jika dibandingkan terhadap mereka yang tak memiliki anak.
Tingkat gejala depresi yang yang ditunjukkan juga lebih sedikit terhadap pria yang tak memiliki anak. Hal yang berkebalikan terjadi pada wanita. Seorang ibu tampak menunjukkan gejala lebih depresi dibanding wanita yang tak memiliki anak.
Penelitian ketiga yang dilakukan melihat bagaimana menjadi orang tua dan bersikap baik ketika merawat dan berinteraksi dengan anak dibanding aktivitas harian lainnya. Ayah diketahui lebih gembira ketika merawat anak dibanding ketika ibu merawat anak.
Pada interaksi harian, pria dilaporkan memiliki kegembiraan yang lebih besar. Salah satu penjelasan dari hal ini adalah karena ayah mengasosiasikan diri mereka sedang bermain ketika merawat atau berinteraksi dengan dengan anak mereka. Hal yang berbeda terjadi pada ibu.
"Ayah mungkin melalui hal ini secara lebih baik dibanding ibu karena bagaimana mereka menanggapi bagaimana menghabiskan waktu dengan anak mereka," jelas Katherine Nelson-Coffey, Asisten Professor di Sewanee