816Agent
816WIN

Rabu, 13 Februari 2019

5 Hal Sehari-hari di Rumah yang Tanpa Disadari Dapat Menyebabkan Kanker

5 Hal Sehari-hari di Rumah yang Tanpa Disadari Dapat Menyebabkan KankerPada kehidupan di sekitar kita, tanpa disadari banyak benda yang mengandung karsinogen (zat penyebab kanker) yang kita temui. Hal ini tak terkecuali juga biasa ditemui pada benda-benda di sekitar rumah kita.


Mulai dari makanan hingga produk-produk yang kita temui, semuanya memiliki potensi menimbulkan kanker pada kita. Dilansir dari The Health Site, berikut lima hal bisa menyebabkan kanker dan dapat ditemui di rumah kita.
Produk pembersih seperti detergen yang kamu gunakan sehari-hari di rumah mengandung bahan kimia seperti fenol alkil, riclosan dan tetrachloroethylene. Deretan bahan kimia ini dapat mengganggu sistem endoktrin dengan memicu ketidakseimbangan hormon.
Tak hanya itu, bahan kimia tersebut telah dikaitkan dengan berbagai jenis kanker seperti kanker payudara dan prostat.
Kaleng yang biasanya digunakan untuk kemasan makanan dilapisi dengan bisphenol A (BP A) yang merupakan lapisan plastik tipis. BP A dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormon dan dapat memicu hormon tergantung pada jenis tumor seperti kanker payudara dan kanker prostat.
BP A juga dikaitkan dengan kemandulan pada pria maupun wanita serta menimbulkan berbagai gangguan seperti Poly Cystic Ovarian Syndrome (PCOS).
Banyak kita yang tak mengetahui dan kurang memperhatikan kondisi sayur dan buah yang dibeli untuk kita konsumsi. Tak jarang, buah dan sayuran mendapatkan insektisida, pestisida dan pupuk kimia yang digunakan secara berlebihan.
Hal ini dilakukan untuk mencegah sayur dan buah cepat busuk atau untuk meningkatkan hasil panen. Kandungan kimia yang ada di buah dan sayur tersebut merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan munculnya kanker.
Panci dan wajan anti lengket saat ini sudah sangat umum ditemukan di dapur. Namun, panci atau wajan anti-lengket lapisan Poly Tetra Fluoro Ethylene (PTFE) yang mengeluarkan asap beracun ketika di panaskan dalam suhu yang tinggi.
Bahaya muncul ketika lapisan ini terkikis dan tertelan, maka lapisan ini cukup sulit untuk dihilangkan dari dalam tubuh. Lapisan yang tertelan atau bahkan asap yang dihasilkan dapat memicu kanker, tak aman bagi ibu hamil sekaligus dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.
Penggunaan produk kosmetik seperti deodoran, bedak, lotion, lipstik dan lainnya seolah-olah telah menjadi bagian yang terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. sayangnya, semua produk kosmetik tersebut mengandung bahan kimia seperti phthalates, triclosan, parabens yang mengganggu fungsi endoktrin. Deretan bahan kimia tersebut telah dikaitkan dengan kanker dan dapat membahayakan kesehatanmu.
Deretan hal yang mudah ditemui di rumah tersebut dapat mendorong munculnya kanker pada dirimu. Mengingat sangat sulit untuk menghindari penggunaan hal-hal tersebut, kamu bisa lebih bijak dalam memilih bahan dengan kandungan paling aman untuk kamu gunakan.