816Agent
816WIN

Sabtu, 16 Februari 2019

Amankan Kunjungan Muhammad bin Salman, Polri Siapkan 307 Anggota

Amankan Kunjungan Muhammad bin Salman, Polri Siapkan 307 AnggotaPutra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Muhammad Bin Salman (MBS) dijadwalkan akan mengunjungi Indonesia pada pekan depan. 307 Personel Polri disiagakan untuk mengamankan kunjungan tamu negara tersebut.


Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, pengamanan dilakukan oleh personel Polda Metro Jaya berkoordinasi dengan Kodam Jaya dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).
"Karena ini tamu kenegaraan yang tugasnya kepolisian dalam hal ini juga melakukan pengamanan VIP," ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (15/2).
Dedi mengungkapkan, ada sekitar 307 personel Polri yang diterjunkan dalam pengamanan nanti. Mereka ditugaskan mengamankan objek vital yang dikunjungi MBS dan mengatur lalu lintas di sekitarnya.
"Personel yang dilibatkan kurang-lebih ada 307 personel dibagi menjadi beberapa satgas, Satgas Intelijen, Satgas Shabara, Brimob, Lalu Lintas, Pam Obvit dan Polres-polres yang akan dilewati dan wilayah yang akan dikunjungi," tuturnya.
Pengamanan itu nantinya akan dibagi menjadi empat ring, di mana leading sektornya adalah TNI. Sejauh ini, Polri belum menerima permintaan khusus dari pihak keamanan Arab Saudi.
"Diminta atau tidak itu merupakan satu kewajiban sebuah negara yang jadi sasaran dikunjungi oleh tamu negara itu," ucap Dedi.
Indonesia menjadi salah satu tujuan rangkaian kunjungan MBS ke sejumlah negara di Asia Selatan hingga Asia Tenggara. Rencananya, MBS akan berada di Indonesia selama dua hari yakni 18 dan 19 Februari 2019.