816Agent
816WIN

Sabtu, 20 Juli 2019

Proses Pengelasan Diduga Jadi Penyebab Kebakaran Kontainer di Pelabuhan Tanjung Emas

Proses Pengelasan Diduga Jadi Penyebab Kebakaran Kontainer di Pelabuhan Tanjung EmasKontainer yang tertimpa crane di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang terbakar, Jumat (19/7). Dugaan sementara, penyebab utama kebakaran akibat proses pemindahan crane dengan pengelasan hingga membakar kontainer.

"Jadi petugas sedang melakukan pemindahan rangka baja crane dengan cara pengelasan. Ketika proses pengelasan, percikan api menyambar bahan mudah terbakar," kata Dirut Pelindo III, Doso Agung.
Dia menuturkan, proses pengelasan dilakukan dari bagian atas kontainer. Panas itu merambat dan menyebabkan kardus atau isi di dalam kontainer terbakar.
"Mungkin panas atapnya menyebabkan isi kontainer panas, api membakar di dalam kontainer yang kemarin belum dievakuasi," ujarnya.
Kapolsek Pelabuhan Tanjung Emas Semarang AKP Samsu Wirman mengatakan, kontainer yang terbakar merupakan berisi bahan ekspor kain dan furniture.
"Jumlah tiga kontainer yang terbakar, itu sebagian besar berisi furnitur dan konveksi," kata Wirman.
Untuk penyebab, pihaknya masih meminta sejumlah saksi untuk dimintai keterangan. "Kita belum bisa tahu penyebab kebakaran kontainer di TPKS, hanya saja kita fokus pemadaman, saksi kita kumpulkan untuk mengetahui penyebab kebakaran," tutup Wirman Samsu.