816Agent
816WIN

Rabu, 17 April 2019

Suhu Ekstrem Panas dan Dingin Bisa Menyebabkan Munculnya Serangan Jantung

Suhu Ekstrem Panas dan Dingin Bisa Menyebabkan Munculnya Serangan JantungBerwisata ke daerah atau negara lain memang memberikan pengalaman yang berbeda terutama di wilayah dengan cuaca berbeda. Kondisi cuaca terlalu panas atau dingin di wilayah yang dituju bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti serangan jantung.


Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah konsultan kardiologi intervensi, Sari Mumpuni mengatakan, suhu ekstrem panas menimbulkan dehidrasi (kekurangan cairan) dan darah kental. Kondisi tersebut menyebabkan gangguan elektrolit (cairan tubuh) sehingga berdampak pada jantung.
"Dehidrasi mengganggu debaran jantung. Ini akan mengancam jiwa," kata dokter Sari dalam diskusi "Kasus Gawat Darurat Saat Liburan" di Royal Tulip Gunung Geulis Resor, Bogor, Jawa Barat.
Sementara, cuaca panas juga terkadang membuat pembuluh darah melebar. Hal tersebut perlu diwaspadai pasien hipertensi. Bila pasien hipertensi mengalami dehidrasi, maka akan berujung syok.
Syok membuat jantung berhenti memasok aliran darah ke jantung. Ini karena aliran darah pada pembuluh arteri tersumbat. Jantung pun berhenti memompa aliran darah.
Ketika berada di daerah bercuaca dingin, tubuh secara otomatis akan meningkatkan tekanan darah. Hal itu demi menjaga keseimbangan panas tubuh.
Yang perlu diperhatikan, semakin rendah suhu dingin, maka tekanan darah semakin naik. Risiko serangan jantung pun mengintai karena pembuluh darah semakin menyempit.
"Makanya hati-hati buat orang yang suka naik ke ketinggian (naik gunung). Ketinggian 4.000 meter di atas permukaan laut tidak disarankan naik untuk orang yang hipertensi. Tekanan darah juga akan naik," tandas Sari.