816Agent
816WIN

Rabu, 17 April 2019

5 Alasan Notre Dame Paris Sangat Penting Bagi Prancis

5 Alasan Notre Dame Paris Sangat Penting Bagi PrancisGereja Notre Dame Paris dilalap api pada hari Senin (15/4) malam waktu setempat. Api merambah hingga ke menara lonceng tempat ibadah yang menjadi salah satu ikon arsitektur di Prancis itu.


Notre Dame fire membuat atap katedral runtuh, meskipun stuktur utama dan dua menara lonceng berhasil diselamatkan. Sementara itu penyebab kebakaran masih belum diketahui.
Kebakaran yang melanda Notre Dame Paris cukup mengguncang batin warga Prancis. Pasalnya bangunan gereja tersebut tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah. Notre Dame merupakan salah satu situs budaya ikonik di negerinya Napoleon Bonaparte.
Apa yang menjadikan Notre Dame begitu bermakna bagi warga Prancis? Berikut ini kami tampilkan beberapa faktanya, seperti dilansir Just Fun Facts.
Notre Dame Paris memiliki nama resmi Notre-Dame de Paris yang berarti Our Lady of Paris. Katedral ini termasuk salah satu tempat ibadah terbesar di dunia. Juga termasuk peninggalan arsitektur Gotik terpenting yang dimiliki Prancis. Karena itulah gereja ini diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.
Sebagian besar orang lebih familiar dengan Menara Eiffel yang dianggap sebagai ikon Prancis. Walaupun begitu, di Prancis sendiri Notre Dame jauh lebih populer dan dianggap penting oleh warganya. Salah satu alasannya adalah Notre Dame Paris jauh lebih tua daripada Menara Eiffel. Usia Menara Eiffel tak lebih dari seabad. Sementara Notre Dame sudah menghiasi jantung kota Paris sejak abad 13.
Notre Dame Paris menarik 13 juta pengunjung setiap tahunnya. Katedral ini masih berfungsi sebagai tempat ibadah bagi pemeluk Katolik bahkan 8 abad setelah pembangunannya rampung. Saat ini Notre Dame Paris menjalankan sekitar 2000 ritual keagamaan setiap tahun.
Notre Dame Paris merupakan lokasi penyimpanan sejumlah artefak penting dalam sejarah keagamaan. Salah satu yang paling berharga adalah mahkota duri milik Yesus Kristus. Tunik Raja Louis IX yang juga dikenal dengan nama Santo Louis juga tersimpan di dalam Notre Dame Paris. Belum lagi sejumlah lukisan, patung, dan organ kuno yang menjadi bagian dari harta karun katedral.
Nama gereja Notre Dame sedikit banyak dipopulerkan ke seluruh dunia oleh Victor Hugo. Hugo menulis The Hunchback of Notre Dame yang menggunakan katedral sebagai latar. Buku yang menceritakan tentang si bongkok Quasimodo tersebut dikenal dengan judul Notre Dame de Paris saja di Prancis.
Demikian deretan fakta mengenai hal-hal yang menjadikan Notre Dame Paris sebagai situs terpenting di Prancis.