816Agent
816WIN

Kamis, 18 April 2019

Apple Dikabarkan Keluarkan Investasi Rp 7 Triliun untuk Masuk di Industri Game

Apple Dikabarkan Keluarkan Investasi Rp 7 Triliun untuk Masuk di Industri GameApple mengucurkan uang ratusan miliar dolar untuk berinvestasi di bidang video game. Menurut sejumlah orang di Apple, video game akan masuk dalam layanan berlangganan game Apple Arcade.


Pengeluaran investasi dengan nilai yang tak sedikit ini menunjukkan betapa seriusnya Apple menjadikan game sebagai sumber pendapatan baru dengan metode langganan. Dilaporkan dari Financial Times, Kamis (18/4), sebetulnya Apple telah mengumumkan Apple Arcade pada bulan lalu di Cupertino, California.
Berdasarkan sejumlah analis, game berlangganan akan membentuk bisnis bernilai multimiliar dolar bagi AS dalam beberapa tahun terakhir. Namun, untuk membangun bisnis ini Apple butuh investasi tak sedikit untuk kesuksesan layanan Arcade mereka.
Sejumlah orang yang terlibat di dalamnya mengatakan, Apple telah menggelontorkan sejumlah miliar dolar untuk lebih dari 100 game yang telah dipilih untuk diluncurkan di Arcade. Kabarnya, total Apple menggelontorkan anggaran sekitar USD 500 juta atau setara Rp 7 triliun.
Apple menawarkan ekstra insentif bagi pengembang jika mereka setuju memasukkan game mereka ke Arcade. Para pengembang juga diminta untuk menahan rilis mereka di Google Play Android atau Microsoft Xbox.
Namun, setelah beberapa bulan eksklusivitas, pengembang akan bebas merilis game mereka di PC atau konsol game lain seperti di Nintendo Switch atau Sony PlayStation. Judul yang sudah diumumkan ada di Apple Arcade antara lain adalah Sega Sonic the Hedgehog, Cartoon Network, dan Lego, serta game baru dari pengembang independen seperti ustwo game, Annapurna Interactive, dan Bossa Studio.