816Agent
816WIN

Senin, 04 Mei 2020

Prajurit TNI di Garut Bantu Proses Lahiran ODGJ di Pinggir Jalan

Prajurit TNI di Garut Bantu Proses Lahiran ODGJ di Pinggir Jalan

Warga berkerumun di kawasan Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut. Penasaran, tiga anggota TNI yang bertugas di Koramil Garut Kota, Kodim 0611 Garut coba mencari tahu apa yang terjadi.
Ternyata, seorang wanita diduga ODGJ atau orang dengan gangguan jiwa akan melahirkan. Ketiga prajurit tanpa pikir panjang langsung membantu proses lahiran. Bayinya lahir dengan selamat dan sehat.
Komandan Koramil Garut Kota, Kapten Arh Edi, mengatakan peristiwa itu terjadi Minggu (3/5) pukul 20.00 Wib. Petugas yang sedang piket mendapatkan laporan ada kerumunan warga.
"Kan memang sekarang tidak boleh berkerumun sehingga langsung kita datangi. Saat sampai di lokasi ternyata warga ini tengah mengerumuni seorang perempuan yang berusia sekitar 30 tahunan yang hendak melahirkan di trotoar," ujarnya, Minggu (3/5).
Warga hanya menonton karena tidak ada yang berani membantu. Anggota TNI yang sudah berada di lokasi berusaha semampunya membantu proses lahiran sambil berkoordinasi dengan pihak rumah sakit dan Polsek Garut Kota.
"Anggota langsung mensterilkan area agar proses lahiran berjalan lancar sambil menunggu petugas medis. Bayinya pun akhirnya dilahirkan dengan selamat sebelum petugas medis dari rumah sakit datang. Kondisinya sehat. Jenis kelaminnya perempuan," sebutnya.
Ibu dan bayinya langsung dibawa ke Rumah Sakit Guntur untuk mendapatkan tindakan lebih baik sambil didampingi oleh petugas dari Dinas Sosial. Namun belum mengetahui identitas perempuan yang melahirkan tersebut.
Saat ditanya, wanita itu tidak bisa menjawab dengan baik. Petugas sedang mencari keluarga perempuan tersebut agar bayinya bisa dirawat dengan baik.
"Kemungkinan keluarganya orang Garut, jadi kita sedang berusaha mencarinya," jelas dia.